Pelabuhan merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal yang mengangkut penumpang/ barang-barang sebelum/seudah berlayar. Pelabuhan yang baik memiliki tingkat pelayanan yang baik pula. Apalagi di pelabuhan tingkat internasional, di mana banyak terdapat pelanggan (penumpang kapal/pengunjung) dari luar negeri. Di sinilah petugas customer service berperan penting. Selain kemampuan melayani, skill berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah satu hal yang harus dimiliki petugas customer service pelabuhan agar dapat melayani para pelanggan dari luar negeri tersebut dengan baik.
Berdasarkan hal tersebut, disusunlah buku saku Customer Service Pelabuhan ini. Di buku saku ini terdapat beberapa kelompok frasa dan ungkapan-ungkapan bahasa Inggris yang disesuaikan dengan situasi, yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan penumpang/pengunjung dari luar negeri, sehingga diharapkan pelayanan yang maksimal dan memuaskan dapat diberikan.