Petugas customer service pelabuhan memerlukan seperangkat keterampilan tertentu karena mereka adalah perwakilan wajah dari pelabuhan yang dilihat pertama kali oleh pelanggan.
Peran yang berpusat pada penumpang /pengunjung mengharuskan petugas customer service pelabuhan memiliki keterampilan-keterampilan seperti ketenangan, kemampuan beradaptasi, empati, intuisi, akal sehat, kecerdasan teknis, dan kecerdasan emosi. Beberapa keterampilan paling penting yang dibutuhkan petugas customer service pelabuhan untuk menjalankan peran mereka dengan baik adalah:
- Komunikasi
Petugas customer service pelabuhan perlu mengetahui cara berkomunikasi melalui semua media, baik komunikasi verbal maupun bahasa tubuh.
- Empati
Orang-orang menghabiskan 70-80% dari waktu mereka dalam sehari untuk terlibat dalam beberapa bentuk komunikasi. 55% dari itu dikhususkan untuk mendengarkan dan berempati. Empati sangat penting dalam layanan customer service.
- Kesabaran
Petugas customer service pelabuhan lainnya, harus menangani keluhan dan pertanyaan penumpang/pengunjung dengan sabar.
- Fleksibilitas
Setiap interaksi penumpang/pengunjung adalah unik. Petugas customer service pelabuhan dapat berhadapan dengan puluhan bahkan ratusan penumpang/pengunjung dalam sehari. Oleh karena itu, petugas customer service pelabuhan perlu beradaptasi dengan cepat terhadap situasi.